Sejarah perkembangan filsafat Dalam Kehidupan Manusia dan Perkembangan Pengetauhan

Sejarah perkembangan filsafat Dalam Kehidupan Manusia dan Perkembangan Pengetauhan - Berbicara tentang kelahiran dan perkembangan filsafat, pada awal kelahirannya tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan (ilmu) pengetahuan yang muncul pada masa peradaban Kuno (masa Yunani). Pada tahun 2000 SM, bangsa Babylon yang hidup di lembah Sungai Nil (Mesir) dan Sungai Efrat telah mengenal alat pengukur berat, tabel bilangan berpangkat, tabel perkalian menggunakan sepuluh jari.

Sejarah perkembangan filsafat Dalam Kehidupan Manusia dan Perkembangan Pengetauhan
sumber: pinterest Tumblr Blog

Piramida yang merupakan salah satu keajaiban dunia itu, ternyata pembuatannya menerapkan geometri dan matematika, menunjukkan cara berpikirnya yang sudah tinggi. Selain itu, mereka pun sudah dapat mengadakan kegiatan pengamatan benda-benda langit, baik bintang, bulan, maupun matahari sehingga dapat meramalkan gerhana bulan ataupun gerhana matahari. Ternyata ilmu yang mereka pakai dewasa ini disebut astronomi. Di India dan China, saat itu telah ditemukan cara pembuatan kertas dan kompas (sebagai petunjuk arah). Dan berikut penulis sajikan artikel tentang Sejarah perkembangan filsafat Dalam Kehidupan Manusia dan Perkembangan Pengetauhan. 

1.       Masa Yunani (klasik)

Filsafat Yunani mendorong perubahan pola pikir manusia dari mitosentris menjadi logo-sentris terhadap konsep materi alam dan kejadiannya. Jadi pemikiran manusia terhadap alam pada masa ini menggunakan metode ilmiah dan tanpa keterkaitan kehendak dewa.Tokoh filsafat Yunani dipelopori oleh Thales yang mengembangkan geometri dan matematika.

2.       Masa Abad Pertengahan

Filsafat pada masa pertengahan menggunakan dasar agama pada pemecahan masalah, sehingga filsafat pada masa ini bercorak teosentris. Namun pada awal masa ini pendapat filsafatis hanya dipengaruhi oleh kepercayaan Kristen. Sehingga dalam sejarah filsafat dimasa ini terbagi atas dua zaman yaitu periode pratistik dan periode skolastik. Para pemuka agama menjadi pelopor dari perkembangan filsafat masa ini. Plotinus (204-270) adalah filosof pertama yang mengajukan teori penciptaan alam semesta dengan teori emanasi.

3.       Masa Abad Modern

Pemikiran filsafat Masa Abad Modern didasarkan pada akal pikir dan pengalaman (antroposentris) dengan meletakkan dasar-dasar bagi metode logis ilmiah agar manusia dapat menguasai lingkungan alam menggunakan berbagai penemuan ilmiah. Rene Descartes (1596–1650) menjadi bapak filsafat modern yang berhasil melahirkan suatu konsep dari perpaduan antara metode ilmu alam dan ilmu pasti ke dalam pemikiran filsafat.

4.      Masa Abad Dewasa

Disebut juga dengan “filsafat kontemporer”, filsafat masa ini memiliki perhatian khusus di bidang bahasa dan etika sosial. Dua bidang tersebut menjadi kajian terpenting dengan memuat pokok-pokok masalah apakah yang hendak kita perbuat di dalam masyarakat dewasa ini.

Belajar filsafat pada umumnya menjadikan manusia lebih bijaksana. Bijaksana artinya memahami pemikiran yang ada dari sisi mana pemikiran itu disimpulkan. Memahami dan menerima sesuatu yang ada dari sisi mana keadaan itu ada. Plato merasakan bahwa berpikir dan memikir sesuatu itu sebagai suatu nikmat yang luar biasa sehingga filsafat diberi predikat sebagai keinginan yang maha berharga. Demikianlah uraian artikel tentang Sejarah perkembangan filsafat Dalam Kehidupan Manusia dan Perkembangan Pengetauhan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages