Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban
Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban - berikut ini Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat sesuai dengan pemahaman dan pemikiran anda. Utamakan mempercayai diri sendiri dari pada orang lain.
sumber gambar pinterest GoZen Anxiety Relief for Kids |
1.
Istilah
teknologi sudah tidak asing lagi pada era kehidupan saat ini yang dikenal
dengan era kemajuan teknologi.
a.
Jelaskan
apa yang dimaksudkan dengan teknologi dan juga apa perbedaan teknoligk fisik
dan non fisik.
Jawab:
Teknologi pendidikan adalah kajian dan
praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kualtas belajar dengan
perancangan, penggunaan, pengelolahan proses dan sumber teknologi dengan
optimal.
·
Teknologi
fisik merupakan teknologi yang memiliki wujud perangkat baik perangkat keras
ataupun lunak.
· Teknologi non-fisik adalah tatanan yang ditetapkan untuk mengorganisasikan manusia dengan lingkungan.
b.
Pada
era awal perkembangan teknologi Pendidikan membedakan teknologi Pendidikan dan
teknologi pembelajaran, jelaskan perbedaan dari dua istilah tesebut.
Jawab:
Teknologi pembelajaran adalah teori dan
praktik dalam proses desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta
penilaian proses dan sumber untuk belajar, sedangkan Teknologi pendidikan
adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan
kualtas belajar dengan perancangan, penggunaan, pengelolahan proses dan sumber
teknologi dengan optimal.
Jadi, perbedaan dari dua istilah ini
terletak pada “penggunaan teknologi” sebagai sumber perancangan,
penggunaan dan pengelolahan untuk meningkatkan mutu proses belajar.
2.
Teknologi
Pendidikan sebagai suatu bidang kerja memiliki cara kerja khusus yang
didasarkan pada pendekatan system, pemanfaatan sumber belajar dan berorientasi
pada pebelajar.
a.
Apa
yang dimaksudkan dengan pendekatan sistim sebagai cara kerja teknolog
Pendidikan.
Jawab:
Sistem merupakan serangkaian komponen yang
memiliki keterkaitan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, pendektan sistem dapat
diartikan sebagai proses teknolog dalam proses pencapaian hasil secara efisien
dengan melibatkan unsur-unsur (komponen) pada sistem.
b.
Jelaskan
pengertian sumber belajar, dan mengapa sumber belajar sebagai pusat perhatian
dalam teknologi Pendidikan.
Jawab:
Sumber belajar adalah semua sumber baik
data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan peserta didik untuk
belajar. Sumber belajar menjadi pusat perhatian khusus dikarenakan sebagai
sumber ilmu, perlu adanya pengembangan atau inovasi teknologi pendidikan agar
membantu peserta didik dapat lebih optimal dalam menerima atau memahami apa
yang disampaikan sebagai bahan belajarnya.
3.
Definisi
teknologi Pendidikan tahuan 1994 mengemukakan ada lima Kawasan kemampuan yang
harus dimiliki oleh seorang teknolog Pendidikan supaya bisa bekerja
menjalankan tugasnya sebagai teknolog Pendidikan.
a.
jelaskan
proses kerja tersebut, sehingga menggambarkan rangkaian kerja untuk
menghasilkan sebuah produk teknologi Pendidikan.
Jawab:
Lima Kawasan
menggambarkan proses kerja teknolog pendidikan yang meliputi kawasan
perancangan (desain), kawasan
pengembangan, kawasan
pemanfaatan, Kawasan pengelolaan dan Kawasan penilaian (evaluasi).
Dalam
proses kerja lima Kawasan, dimulai dengan kawasan perancangan (desain) untuk
menentukan kondisi belajar, meliputi desain sistem pembelajaran, strategi
pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan lain-lain. Kemudian, hasil
penentuan tersebut diteruskan pada kawasan pengembangan untuk dapat
memproses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik yang akan
menjadi inovasi garapannya.
Hasil
tersebut dilanjutkan dengan kawasan pemanfaatan dimana teknolog pendidikan pada
tahap ini menggunakan proses dan sumber untuk belajar yang meliputi pemanfaatan
media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi, kebijakan dan
regulasi dalam inovasi teknologi pendidikan.
Ketika
ketiga tahapan itu telah selesai dengan runtut barulah teknolog pendidikan pada
kawasan pengelolaan mulai mengelola teknologi pendidikan untuk mulai melakukan
perencanaan, pengorganisasian, pengordinasian, dan supervisi.
Tahap
terakhir adalah kawasan penilaian (evaluasi) dimana teknolog pendidikan
menentukan memadai atau tidaknya hasil kerja tersebut untuk digunakan melalui
riset perkembangan permasalahan hasil belajar.
b.
Salah
satu kemampuan yang harus dimiliki teknolog Pendidikan dalam Kawasan tersebut
adalah dalam bidang desain. Jelaskan kemampuan apa yang harus dimiki oleh
seorang teknolog Pendidikan dalam bidang tersebut.
Jawab:
Seorang teknolog pendidikan dalam kawasan
desain harus dapat membaca atau menentukan kondisi pembelajaran serta dapat
menciptakan strategi pemecahan masalah baik dengan produk makro atau mikro.
Adapun kemampuan yang harus dimiliki
teknolog pendidikan dalam kawasan desain meliputi:
·
Desain
sistem pembelajaran
·
Desain
pesan
·
Desain
strategi pembelajaran
·
Desain
karakteristik peserta didik
4.
Terdapat
perbedaan antara istilah desain dan pengembangan jelaskan masing-masing
sehingga jelas apa bedanya. Beri contoh masing-masing.
Jawab:
Kawasan desain mencakupi upaya
teknolog pendidikan dalam memahami permasalahan yang terjadi pada proses
belajar serta mulai perancangan pemecahan masalah. Sementara kawasan
pengembangan secara sederhana apat dikatakan sebagai bentuk pemantapan dari
desain yang telah ada, jadi kawasan pengembangan ini bergerak dari dorongan
teori, desain dan tuntutan penilaian formatif dan praktek pemanfaatan serta
kebutuhan pengelolaan. tanpa memiliki kebebasan penilaian permasalahan.
Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban, Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban, Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban
Komentar
Posting Komentar