Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban

Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban - berikut ini Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat sesuai dengan pemahaman dan pemikiran anda. Utamakan mempercayai diri sendiri dari pada orang lain.

Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban
sumber gambar pinterest GoZen Anxiety Relief for Kids

1.    Istilah teknologi sudah tidak asing lagi pada era kehidupan saat ini yang dikenal dengan era kemajuan teknologi.

a.    Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan teknologi dan juga apa perbedaan teknoligk fisik dan non fisik.

Jawab:

      Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kualtas belajar dengan perancangan, penggunaan, pengelolahan proses dan sumber teknologi dengan optimal.

·         Teknologi fisik merupakan teknologi yang memiliki wujud perangkat baik perangkat keras ataupun lunak.

·         Teknologi non-fisik adalah tatanan yang ditetapkan untuk mengorganisasikan manusia dengan lingkungan.

b.    Pada era awal perkembangan teknologi Pendidikan membedakan teknologi Pendidikan dan teknologi pembelajaran, jelaskan perbedaan dari dua istilah tesebut.

Jawab:

      Teknologi pembelajaran adalah teori dan praktik dalam proses desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta penilaian proses dan sumber untuk belajar, sedangkan Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kualtas belajar dengan perancangan, penggunaan, pengelolahan proses dan sumber teknologi dengan optimal.

      Jadi, perbedaan dari dua istilah ini terletak pada “penggunaan teknologi” sebagai sumber perancangan, penggunaan dan pengelolahan untuk meningkatkan mutu proses belajar.

 

 


 

2.    Teknologi Pendidikan sebagai suatu bidang kerja memiliki cara kerja khusus yang didasarkan pada pendekatan system, pemanfaatan sumber belajar dan berorientasi pada pebelajar.

a.    Apa yang dimaksudkan dengan pendekatan sistim sebagai cara kerja teknolog Pendidikan.

Jawab:

      Sistem merupakan serangkaian komponen yang memiliki keterkaitan untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, pendektan sistem dapat diartikan sebagai proses teknolog dalam proses pencapaian hasil secara efisien dengan melibatkan unsur-unsur (komponen) pada sistem.

 

b.    Jelaskan pengertian sumber belajar, dan mengapa sumber belajar sebagai pusat perhatian dalam  teknologi Pendidikan.

Jawab:

      Sumber belajar adalah semua sumber baik data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar. Sumber belajar menjadi pusat perhatian khusus dikarenakan sebagai sumber ilmu, perlu adanya pengembangan atau inovasi teknologi pendidikan agar membantu peserta didik dapat lebih optimal dalam menerima atau memahami apa yang disampaikan sebagai bahan belajarnya.

 

3.    Definisi teknologi Pendidikan tahuan 1994 mengemukakan ada lima Kawasan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang teknolog Pendidikan supaya bisa  bekerja  menjalankan tugasnya sebagai teknolog Pendidikan.

a.      jelaskan proses kerja tersebut, sehingga menggambarkan rangkaian kerja untuk menghasilkan sebuah produk teknologi Pendidikan.

Jawab:

     Lima Kawasan menggambarkan proses kerja teknolog pendidikan yang meliputi kawasan perancangan (desain), kawasan  pengembangan, kawasan  pemanfaatan, Kawasan pengelolaan dan Kawasan penilaian (evaluasi).

     Dalam proses kerja lima Kawasan, dimulai dengan kawasan perancangan (desain) untuk menentukan kondisi belajar, meliputi desain sistem pembelajaran, strategi pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan lain-lain. Kemudian, hasil penentuan tersebut diteruskan pada kawasan pengembangan untuk  dapat memproses penerjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik yang akan menjadi inovasi garapannya.

     Hasil tersebut dilanjutkan dengan kawasan pemanfaatan dimana teknolog pendidikan pada tahap ini menggunakan proses dan sumber untuk belajar yang meliputi pemanfaatan media, difusi inovasi, implementasi dan institusionalisasi, kebijakan dan regulasi dalam inovasi teknologi pendidikan.


 

     Ketika ketiga tahapan itu telah selesai dengan runtut barulah teknolog pendidikan pada kawasan pengelolaan mulai mengelola teknologi pendidikan untuk mulai melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengordinasian, dan supervisi.

     Tahap terakhir adalah kawasan penilaian (evaluasi) dimana teknolog pendidikan menentukan memadai atau tidaknya hasil kerja tersebut untuk digunakan melalui riset perkembangan permasalahan hasil belajar.

    

 

b.      Salah satu kemampuan yang harus dimiliki teknolog Pendidikan dalam Kawasan tersebut adalah dalam bidang desain. Jelaskan kemampuan apa yang harus dimiki oleh seorang teknolog Pendidikan dalam bidang tersebut.

Jawab:

     Seorang teknolog pendidikan dalam kawasan desain harus dapat membaca atau menentukan kondisi pembelajaran serta dapat menciptakan strategi pemecahan masalah baik dengan produk makro atau mikro.

     Adapun kemampuan yang harus dimiliki teknolog pendidikan dalam kawasan desain meliputi:

·         Desain sistem pembelajaran

·         Desain pesan

·         Desain strategi pembelajaran

·         Desain karakteristik peserta didik

 

4.    Terdapat perbedaan antara istilah desain dan pengembangan jelaskan masing-masing sehingga jelas apa bedanya. Beri contoh masing-masing.

Jawab:

            Kawasan desain mencakupi upaya teknolog pendidikan dalam memahami permasalahan yang terjadi pada proses belajar serta mulai perancangan pemecahan masalah. Sementara kawasan pengembangan secara sederhana apat dikatakan sebagai bentuk pemantapan dari desain yang telah ada, jadi kawasan pengembangan ini bergerak dari dorongan teori, desain dan tuntutan penilaian formatif dan praktek pemanfaatan serta kebutuhan pengelolaan. tanpa memiliki kebebasan penilaian permasalahan.


Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban, Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban, Contoh Soal UTS Mata Kuliah Teknologi Pendidikan Semester 1 lengkap dengan jawaban

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages