Sejarah Terlibatnya Amerika dalam Perang Dunia II

Sejarah Terlibatnya Amerika dalam Perang Dunia II . Amerika menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer paling besar pada era perang dunia 2. menjadi salah satu negara adidaya, Amerika juga turut mengakhiri perang dunia II dengan peristiwa bom atom Nagasaki dan Hirosima. lalu bagaimana awal mula atau sejarah terlibatnya Amerika dalam perang dunia II ? beginilah Sejarah Terlibatnya Amerika dalam Perang Dunia II .

baca juga: Sejarah Penyebab Perang Dunia II Dari Jerman dan Italia

1. Amerika menyatakan perang terhadap kekuatan Poros
Pengeboman Jepang terhadap Pearl Harbor membuat Amerika marah kepada Jepang. Amerika menyatakan perang terhadap Jepang. Jerman dan Italia, dengan siapa mereka memiliki perjanjian tripartit, bergabung dalam menyatakan perang terhadap Amerika. Dengan ini, Amerika secara resmi memasuki blok sekutu dengan Inggris.
2. Pembantaian 6 juta orang Yahudi, yang dikenal sebagai Holocaust
Peristiwa Holocaust, adalah kedatangan orang-orang Yahudi dengan korban sekitar 6 kematian. Pembantaian itu dilakukan oleh rezim Nazi dan sekutunya. "Holocaust" berasal dari kata Yunani yang berarti "pengorbanan dengan api." Jerman menganggap rakyatnya berada di atas orang Yahudi, menyebabkan mereka memandang rendah orang Yahudi.
Setelah invasi Uni Soviet, pemerintah Sosialis Nasional mendirikan kamp konsentrasi untuk menahan siapa pun yang dianggap sebagai lawan politik dan ideologis. Einsatzgruppen (unit pembunuhan keliling) dimulai pada Juni 1941. Einsatzgruppen bergerak mundur untuk membantai orang Yahudi, Roma, pejabat negara Soviet, dan tokoh Komunis lainnya. Holocaust berlangsung dari tahun 1941 hingga 1944.
peristiwa pembantaian orang yahudi pada perang dunia II


3. Musim dingin berakhir, Jerman melanjutkan ekspansi kekuasaan ke Uni Soviet
Jerman, yang mengalami kemunduran dari Moskow, terpaksa tetap diam sampai musim dingin berakhir. Setelah musim dingin berakhir, Jerman melanjutkan ekspansi teritorialnya ke wilayah Uni Soviet. Namun, kali ini Hitler ingin menguasai bagian selatan Uni Soviet, Kaukasus. Kaukasus terkenal dengan area pertambangan minyaknya yang luas, membuat Hitler ingin menguasai wilayah tersebut.
Selama penyerangan ke timur, Hitler membelokkan Tentara Panzer ke-4 ke selatan meninggalkan Tentara Panzer ke-6 sendirian. Tentara Panzer ke-4 bergerak ke selatan untuk segera menguasai Kaukasus, sedangkan Tentara Panzer ke-6 harus menguasai Kota Stalingard sendiri. Uni Soviet yang telah mempersiapkan militernya sejak awal Operasi Barbarossa membuat Jerman kesulitan menembus pertahanan Kota Stalingard.
Stalin juga meniru taktik Hitler, yaitu mengunci musuh dengan mengepung dari dua arah. Hitler memerintahkan pasukannya untuk tinggal di sana. Namun sayang, kekuatan Uni Soviet terlalu besar untuk dipegang oleh Tentara Panzer ke-6. Hal ini menyebabkan Uni Soviet memenangkan perang di Stalingard, dan menyerang Jerman ke barat. Jerman mundur dengan kekuatan Uni Soviet. Bagi Stalin, ini adalah kemenangan besar.
4. Serangan udara Sekutu di Hamburg dan Desdern
Tidak hanya dipukul mundur oleh Uni Soviet, Jerman juga dibom oleh serangan udara sekutu di Hamburg dan Desdern. Pertempuran Hamburg dikenal sebagai Operasi Gomora. Kota Hamburg dibom selama 8 hari 7 malam. Pertempuran ini dikenal sebagai pertempuran udara terberat dalam sejarah pertempuran udara.
5. Kekalahan Jerman dan Italia di Benua Afrika oleh sekutu
Jerman dan Italia berusaha melawan Inggris Raya di perbatasan Mesir. Awalnya, Inggris Raya memenangkan perang, kemudian direbut kembali oleh Jerman dan Italia. Setelah itu, pertempuran sengit antara Inggris dan Italia terjadi di El Alamein. Selama perang di El Alamein, Amerika dan Inggris mendarat di pantai barat Afrika, membuat pertahanan di sana lemah. Hal ini membuat Jerman dan Italia dikepung dari dua arah oleh sekutu, dan membuat Jerman dan Italia mundur dari benua Afrika.
6. Jepang berencana mengambil Midway Atoll dari Amerika Serikat, tetapi gagal
Jepang yang telah mendominasi kawasan Asia Timur hingga Asia Tenggara, membuatnya ingin segera menguasai pulau-pulau kecil di perairan Asia. Namun, ketika ingin menguasai Midway Atoll, Jepang yang teknologi kapalnya tidak secanggih milik Amerika, membuat Jepang kalah telak dari Amerika. Dan perebutan Midway Atoll dari Amerika Serikat gagal.
Selain gagal merebut Midway Atoll, Jepang juga kehilangan wilayah di Kepulauan Solomon dan Papua Nugini. Hal ini disebabkan minimnya teknologi militer maritim Jepang jika dibandingkan dengan Amerika Serikat. Kekalahan ini membuat Jepang sadar bahwa mereka tidak akan selalu memenangkan pertempuran.
sejarah terlibatnya Amerika dalam perang dunia II


7. Pendaratan Sekutu di Sisilia, Italia pada Juli 1943
Dengan keluarnya Blok Poros di benua Afrika, Sekutu memasuki Eropa dari selatan. Dan Sekutu mendarat di Sisilia, Italia pada Juli 1943. Karena sejumlah besar orang Italia yang keluarganya tinggal di Amerika, maka Italia menuntut untuk tidak berperang dengan Amerika Serikat. Hal ini menyebabkan penggulingan Mussolini.
8. Kebencian rakyat Italia terhadap Mussolini membuatnya digulingkan dari kekuasaan
Benito Mussolini, yang diminta mundur oleh rakyat Italia, mengakibatkan dia dikeluarkan dari Dewan Tertinggi Partai Fasis Italia dan dicopot dari jabatannya sebagai Perdana Menteri. Tentara Italia mengambil alih dan merundingkan penyerahan diri kepada tentara Anglo-Amerika pada tanggal 8 September 1943. Benito Mussolini dipenjarakan oleh tentara Italia.
Pasukan Italia yang ditangkap oleh Jerman diberi pilihan untuk melanjutkan pertempuran dengan Jerman. Sekitar 94.000 orang Italia diterima dan 710.000 sisanya diangkat sebagai tawanan tentara Italia dan diangkut sebagai kerja paksa ke Jerman. Sejumlah pasukan Italia yang menghindari penangkapan Jerman di Balkan bergabung dengan Yugoslavia (sekitar 40.000 tentara) dan Revolusi Yunani (sekitar 20.000).
9. Pembentukan Republik Sosial Italia
Tentara Jerman di Italia terpaksa menarik diri dan secara diam-diam membebaskan Mussolini dari penjara Italia, dan mendirikan negara yang disebut Republik Sosial Italia. Negara ini dipimpin oleh Benito Mussolini sebagai kepala negara. Hal ini menyebabkan Mussolini dan para pengikutnya mengabdi kepada Kekaisaran Jerman
10. Pemerintah Italia memutuskan untuk menyerah dan berperang melawan Republik Sosial Italia
Dengan berdirinya Republik Sosial Italia, tentu saja, Perang Saudara Italia dimulai. Di situlah Republik Sosial Italia mendukung poros, dan Pemerintah Italia kalah dari sekutu menempatkannya di pihak sekutu. Perang Saudara berlangsung hingga April 1945. Dan begitulah Sejarah Terlibatnya Amerika dalam Perang Dunia II .

sumber refrensi 
https://web.facebook.com/groups/Ensiklopediabebas2/posts/811571746200839/
OverSimplified. 2018. “WW2 - OverSimplified (Part 2)”. Diakses dari https:,//www,youtube,com/watch?v=fo2Rb9h788s&t=359s diakses pada 31 Maret 2021
Museum, United States Holocaust Memorial. “PENGANTAR HOLOCAUST”. Diakses dari https:,//encyclopedia,ushmm,org/content/id/article/introduction-to-the-holocaust diakses pada 31 Maret 2021
 Britannica. 2021. “Bombing of Dresden”. Diakses dari https:,//www,britannica,com/event/bombing-of-Dresden diakses pada 31 Maret 2021
 Britannica. “The partisans and the Resistance”. Diakses dari https:,//www,britannica,com/place/Italy/The-partisans-and-the-Resistance diakses pada 31 Maret 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages