Permusuhan Antar Negara Setelah Berakhirnya Perang Dunia II

Permusuhan Antar Negara Setelah Berakhirnya Perang Dunia II. Dampaknya menjadi masalah integrasi atau hubungan antar negara yang menjadi tidak harmonis dan masih terkesan memiliki rasa permusuhan. Pada awal berakhirnya Perang Dunia II permusuhan antar negara masih memanas dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Beginilah beberapa kejadian gambaran tentang Permusuhan Antar Negara Setelah Berakhirnya Perang Dunia II .

Pada hari ini di tahun 1945, 29 April, Divisi Infanteri ke-45 Amerika Serikat membebaskan kamp konsentrasi Dachau, kamp pertama yang didirikan oleh Nazi Jerman.



1. Mei 1945, Jerman dan Republik Sosial Italia secara resmi menyerah
Dengan jatuhnya ibukota Jerman, Berlin, Kekaisaran Jerman dan Republik Sosial Italia menyerah kepada Sekutu karena kekuatan militer mereka yang terkuras. Dan dengan ini kediktatoran Nazi dan Italia menghilang dari Eropa. Namun, masih ada satu musuh yang tersisa, yaitu Jepang.
2. Serangan Amerika di Pulau Okinawa
Pertempuran Okinawa, yang dimulai pada 1 April 1945, adalah salah satu pertempuran paling berdarah dalam sejarah Perang Dunia II. Lebih dari 180.000 pasukan Armada Kelima AS berperang melawan pasukan Jepang di pulau Pasifik Okinawa. Serangan itu merupakan bagian dari Operasi Iceberg yang bertujuan mencapai pulau utama Jepang. Jepang menahan pasukan AS yang berjumlah lebih dari 130.000 tentara dan dipimpin oleh Jenderal Ushijima Mitsuru.
Pada tanggal 4 April 1945, Jepang menggunakan senjata paling brutalnya, Serangan Kamikaze. Serangan Kamikaze sendiri merupakan serangan dengan cara menabrakkan pesawat ke musuh yang artinya bunuh diri. Selama serangan Kamikaze, Armada Kelima Amerika Serikat menderita kerugian berikut:
- 36 kapal tenggelam
- 368 kapal rusak
- 4.900 tentara tewas
- 4.800 tentara terluka
- 763 pesawat tempur yang hilang
Selama Pertempuran Okinawa, sebanyak 110.000 tentara Jepang kehilangan nyawa dan sekitar 40.000-150.000 warga sipil Okinawa tewas akibat perang ini.
3. Rencana Operasi Turun
Operation Down adalah rencana untuk menguasai pulau-pulau utama Jepang, Kyushu dan Honshu. Operasi itu direncanakan untuk mengakhiri Perang Dunia II. Rencananya, Operation Down akan dibagi menjadi 2, yaitu Operation Olympic (Perebutan Pulau Kyushu) dan Operation Coronet (Pasak Pulau Honshu). Operasi Olimpiade direncanakan pada Oktober 1945, dan Operasi Coronet pada musim semi 1946.
Namun operasi tersebut dibatalkan karena ternyata Jepang menyerah sebelum operasi dilakukan.
4. Tes Trinity - Tes bom atom pertama di New Mexico pada Juli 1945
Proyek Manhattan adalah proyek pengembangan senjata nuklir selama Perang Dunia II. Dan akhirnya setelah 3 tahun pengembangan dan pengujian, pada bulan Juli 1945 untuk pertama kalinya bom atom berhasil dibuat.
Senjata nuklir pertama di dunia, bernama "Gadget," berhasil diluncurkan di wilayah gurun New Mexico. Gurun ini terletak 230 mil di selatan Los Alamos Laboratories. Direktur Laboratorium Los Alamos J. Robert Oppenheimer menyebut situs uji ini "Trinity".
5. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki
Dengan keberhasilan pembuatan senjata nuklir pertama di proyek Manhattan, Amerika Serikat berniat meluncurkan senjata nuklir kedua di Jepang. Ya, benar, itu hanya bom uranium, Anak Kecil. Little Boy adalah kode nama yang diberikan untuk bom uranium yang akan dijatuhkan di Hiroshima pada Senin, 6 Agustus 1945. Ledakan "Little Boy" itu menghasilkan 13 kiloton TNT (55 Terajoule) yang mengakibatkan 140.000 kematian, dan ratusan ribu korban jiwa. mengalami efek radiasi nuklir. menyebabkan ibu kehilangan anak dalam kandungannya, kanker, cacat lahir, dan sebagainya.
Tidak berhenti di situ, hanya 3 hari sejak jatuhnya “Little Boy” di Hiroshima, Amerika Serikat terus menjatuhkan senjata nuklir ketiganya, “Fat Man”. Sebuah bom plutonium atau yang dikenal dengan sebutan “Fat Man” dijatuhkan di Nagasaki. Target asli dari "Orang Gemuk" ini sebenarnya adalah Kota Kokura, tetapi karena perjalanan yang terhalang awan memaksa pilot untuk menjatuhkannya ke target alternatif mereka, Kota Nagasaki.
6. Invasi Soviet ke Manchuria
Invasi Soviet ke Manchuria atau lebih dikenal dengan Operation Strategic Assault Manchuria merupakan upaya Uni Soviet untuk merebut wilayah Manchuria dari Kekaisaran Jepang. Invasi dimulai pada 9 Agustus 1945, bertepatan dengan pengeboman Nagasaki.
Pada 8 Agustus 1945, Uni Soviet memberi tahu duta besar Jepang bahwa Uni Soviet telah menyatakan perang terhadap Kekaisaran Jepang, dan mulai 9 Agustus pemerintah Soviet akan menganggap dirinya berperang dengan Jepang.
Uni Soviet melancarkan 3 serangan langsung ke Manchuria, Operasi Khingan-Mukden, Operasi Harbin-Kirin, dan Operasi Sungari secara bersamaan.
7. Semakin ditekan oleh Uni Soviet dan Sekutu, Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945
Karena tekanan dari Sekutu yang berhasil membuat senjata nuklir, ditambah dengan rencana Descendant, dan belum lagi pasukan tempur Soviet yang sedang berperang di Manchuria, Jepang harus mengakui kekalahannya.
Pada tanggal 15 Agustus 1945, Kaisar Hirohito mengumumkan melalui siaran radio,
“... Meskipun selama empat tahun semua menunjukkan yang terbaik - kekuatan angkatan laut dan pasukan yang telah berjuang dengan gagah berani, ketekunan dan ketekunan banyak pegawai negeri kita, dan layanan setia dari seratus orang kita, perang negara tidak selalu maju menuju keuntungan Jepang, sementara keadaan umum dunia tidak demi kepentingan terbaik kita.
Musuh-musuh kita mulai menggunakan bom baru yang brutal, membunuh dan melukai banyak orang tak berdosa, yang kekuatannya menyebabkan kerusakan memang tak terukur. Selain itu, jika kita terus berjuang, tidak hanya akan berakhir dengan kehancuran bangsa Jepang tetapi juga akan menyebabkan kepunahan total peradaban manusia.
Jika demikian, bagaimana kita akan menyelamatkan puluhan juta rakyat kita, atau menebus mereka di hadapan roh suci leluhur kaisar? Inilah sebabnya kami menerima persyaratan Deklarasi Bersama.
Jika dipikir-pikir, maka penderitaan yang akan diderita pemerintah pasti akan sangat besar. Kami tahu ketulusan Anda, orang-orang. Namun, ke mana pun tuntutan waktu dan nasib akan membawa kita, dengan menanggung apa yang tak tertahankan, dan menderita penderitaan yang tak terkatakan, kita menginginkan kedamaian abadi. ”
8. Perang Dunia II resmi berakhir dengan kemenangan Sekutu
Dengan menyerahnya Jepang, sekutu resmi memperoleh kemenangan. Dan dengan ini sekutu memiliki hak untuk menghukum negara yang kalah.

sumber refrensi 
N.N. 2021. “Menyerahnya Jepang” Diakses dari https:,//id,wikipedia,org/wiki/Menyerahnya_Jepang diakses pada 10 April 2021.
OverSimplified. 2018. “WW2 - OverSimplified (Part 2)”. Diakses dari https:,//www,youtube,com/watch?v=fo2Rb9h788s&t=359s diakses pada 7 April 2021.
History. 2009. “Battle of Okinawa”. Diakses dari https:,//www,history,com/topics/world-war-ii/battle-of-okinawa diakses pada 7 April 2021.
 Britanicca. 2014. “Manhattan Project”. Diakses dari https:,//www,britannica,com/event/Manhattan-Project diakses pada 7 April 2021.
Wikia, Military. 2014. “Soviet invasion of Manchuria”. Diakses dari https:,//military,wikia,org/wiki/Soviet_invasion_of_Manchuria diakses pada 7 April 2021.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages