Sejarah Penyebab Perang Dunia II Dari Jerman dan Italia

Sejarah Penyebab Perang Dunia II Dari Jerman dan Italia. Banyak berbagai faktor yang melatar belakangi terjadinya perang dunia II, revolusi industri, persaingan kemajuan teknologi hingga ideologi. Jerman dan Italia menjadi negara yang memiliki banyak cerita dalam awal mula perang dunia II. Berikut adalah runtutan awal mula terjadinya pertempuran itu mulai dari munculnya tokoh fasis hingga mencetusnya perang dunia II pada 1939. Pada pembahsan kali ini akan berfokus ke Sejarah Penyebab Perang Dunia II Dari Jerman dan Italia .

baca juga: Sejarah Terlibatnya Jepang pada Perang Dunia II

1. Munculnya Tokoh Fasisme Pertama “Benito Mussolini”

Benito Mussolini adalah seorang pemimpin partai sosialis yang menganut prinsip-prinsip Anti-Perang. Pidato dan jurnalismenya membuatnya terkenal di kalangan sosialis Italia saat itu. Ketika Italia menginvasi Libya pada tahun 1910, Mussolini memberontak terhadap pemerintah agar Italia tidak terlibat perang. Tetapi pada satu titik, Mussolini berpendapat bahwa dengan perang, sistem monarki di Eropa akan hilang jika hanya satu penguasa yang memerintah. Yang katanya pada akhirnya akan mengarah pada perdamaian tanpa perang antar negara. Mussolini berubah pikiran untuk segera menyatakan perang. Para pengikutnya di Partai Sosialis tidak menyukai pemikiran Mussolini, dan dia dikeluarkan dari Partai Sosialis Italia. Setelah Benito Mussolini keluar dari Partai Sosialis Italia, Mussolini ingin membentuk Partai berdasarkan Asas Kepemimpinan dengan kekuasaan mutlak di mana ketertiban dan kepatuhan pemimpin berlaku tanpa kecuali, atau biasa disebut Fasisme. Benito juga mendirikan Partai Fasis Italia. Italia, yang berada di pihak pemenang Perang Dunia I, memperoleh sedikit wilayah dan merasa tertipu. Pada puncaknya, Italia mengalami ekonomi yang buruk dan pemerintahan yang lemah membuat orang Italia tidak bahagia. Saat keributan pecah, Mussolini muncul dengan pidato Fasisnya. Orang Italia pada saat itu senang dengan pidatonya, dan menjadi pengikut Mussolini. Oleh karena itu, Mussolini dan para pengikutnya menuntut Raja Italia untuk mengangkat Mussolini sebagai Perdana Menteri saat itu. Dan dengan ini, Eropa sudah memiliki kediktatoran fasisme. Dan muncullah diktator fasisme kedua di Eropa, yaitu Jerman.

tokoh fasisme di perang dunia 2


2. Bangkitnya Jerman dari Perang Dunia Pertama

Jerman berada di pihak yang kalah dalam Perang Dunia I, yang dibatasi oleh Perjanjian Versailles. Dimana, Jerman dilarang memperluas pasukannya hingga tahun 1935, kehilangan sebagian wilayahnya, membayar denda yang sangat besar kepada sekutunya, membuat Jerman mengalami masa-masa sulit. Selama masa sulit bagi Jerman, salah satu tentara Jerman muncul dan memberikan pidato fasisnya. Ya, dia adalah Adolf Hitler. Adolf Hitler adalah salah satu tentara Jerman selama Perang Dunia I, dan Hitler adalah seorang prajurit yang sangat patriotik. Pada tahun 1923, Hitler mendirikan Partai Fasis di Jerman dan memperoleh banyak pengikut. Namun, Hitler dipenjara karena bertugas di ketentaraan saat hukuman Perjanjian Versailles masih berlangsung. Meskipun dipenjara, Hitler terus menjadi populer dan pengikutnya meningkat. Sampai Presiden Jerman mengangkat Hitler sebagai Kanselir pada tahun 1933. Dia pikir dia bisa menyelamatkan Jerman suatu hari dengan sikap jahatnya. Dan dengan ini, Eropa sudah memiliki kediktatoran fasisme kedua.

3. Kerja Sama antara Italia dan Jerman pada 1928

Italia di bawah Benito Mussolini menginginkan kerjasama Italia-Jerman sejak tahun 1920-an. Italia percaya bahwa dengan bekerja sama dengan Jerman, Italia dan Jerman dapat memperluas pengaruhnya atas Prancis. Pada awal 1923, Italia diam-diam mengirim pasokan senjata ke Jerman, yang telah dilucuti oleh Perjanjian Versailles. Duta Besar Jerman pada tahun 1924 melaporkan bahwa Mussolini melihat kaum nasionalis Jerman sebagai sekutu penting Italia, dan berharap untuk mengambil keuntungan dari mereka.

4. Jepang Menandatangani Perjanjian dengan Jerman pada 1935

Italia dan Jerman telah resmi bekerja sama. Tapi mereka pikir mereka masih belum cukup kuat untuk menguasai seluruh dunia. Oleh karena itu, Jerman tertarik untuk bekerja sama dengan Jepang. Tapi kenapa Jepang? Jepang pada tahun 1935 telah menguasai berbagai daerah seperti Korea, Cina, beberapa daerah di Rusia. Dan Jepang tampaknya menganut fasisme, yang dikemukakan oleh Hideki Tojo. Dimana, mereka menganggap orang Jepang sebagai keturunan Dewa Matahari dan memandang rendah ras lain. Kedua hal tersebut membuat Jerman tertarik untuk bekerja sama dengan Jepang dan bergabung dengan blok poros. Meskipun dalam Perang Dunia I Jerman dan Jepang saling bermusuhan, mereka sepakat untuk bekerja sama pada tahun 1935. Asalkan Benua Eropa dipimpin oleh Jerman, dan Benua Asia dipimpin oleh Jepang, dan keduanya saling membantu menaklukkan wilayah jajahannya.

5. Penggabungan Etiopia kepada Afrika Timur Italia pada 1935

Melihat Jerman mulai meluas daerahnya, Italia tidak tinggal diam. Italia pergi ke Abyssinia untuk menggabungkan dengan Eritria dan Somalia. Dengan begitu ketiganya menjadi Etiopia dan berada di bawah kuasa Italia. Tidak hanya Etiopia, Italia juga kekuasaannya ke Albania lewat Laut Adriatik.

6. Kependudukan Jerman ke Austria dan Cekoslovakia pada 1938

Setelah Jerman memperkuat kemiliterannya, Jerman mengambil kembali wilayahnya yang diambil karena Perjanjian Versailles. Wilayah yang direbut pertama adalah Austria. Meski Jerman membuka kembali wilayahnya, pihak sekutu masih belum memulai tindakannya. Mereka menganggap kekuasaan Jerman tersebut masih dianggap dalam batas wajar dan Jerman tidak melakukan ekspansi kekuasaan melalui kekerasan lagi.

Tapi pada Maret 1938, Jerman menginginkan memperluas wilayahnya di Cekoslovakia dengan alasan beberapa warga Jerman masih berada di Cekoslovakia kala itu. Sekutu yang berisikan Prancis dan Britania Raya pun mengatur Perjanjian Munchen dengan Jerman untuk membagi wilayah Cekoslovakia. Sehingga daerah Sudetenland kembali menjadi milik Jerman, dan sisa wilayah Cekoslovakia melemah. Hal ini tidak disia-siakan oleh Hitler. Jerman ingin menguasai seluruh Cekoslovakia. Dan pada 1 Oktober 1938, Jerman sepenuhnya menguasai Cekoslowakia.

Pihak sekutu pun sedikit marah karena Perjanjian Munchen tidak berjalan sesuai perjanjian awal. Tapi akhirnya, pihak sekutu mentolerir kejadian ini. Tapi dengan syarat, jika ada kejadian perluasan wilayah secara paksa lagi, berarti akan mendeklarasikan perang kepada Jerman.

7. Titik Awal Tercetusnya Perang Dunia II, Invasi Polandia oleh Jerman dan Uni Soviet pada 1939

Tidak berhenti di Penginvasian Cekoslovakia, terus meluaskan wilayahnya ke arah timur, yaitu Polandia. Tapi Jerman tetap tidak ingin diserang oleh sekutu yang dimana Prancis dan Britania Raya berada diarah barat, yang nantinya akan terjadi perang dua sisi yang merugikan posisi Jerman.

Oleh karena itu, Hitler dan Stalin bekerja sama untuk menginvasi Polandia dan membagi 2 wilayah Polandia menjadi milik Jerman dan Uni Soviet. Dan Stalin menyetujui ide Hitler. Posisi Polandia yang dihimpit oleh Jerman Raya dan Uni Soviet membuat Polandia kurang diuntungkan karena diserang oleh Sisi Barat (Jerman) dan Timur (Uni Soviet).

Dan pada 1 September 1939, Jerman dan Uni Soviet memulai invasi ke Polandia. Sehingga membuat Britania Raya dan Prancis mendeklarasikan perang terhadap Jerman.

8. Deklarasi Perang oleh Britania Raya dan Prancis kepada Jerman

Karena kelakuan Jerman yang semena-mena, membuat Britania Raya dan Prancis terpaksa mendeklarasikan perang kepada Jerman. Dan dengan deklarasi perang ini, Perang Dunia II pun dimulai pada 1 September 1939. Dan beginilah Sejarah Penyebab Perang Dunia II Dari Jerman dan Italia .

Deklarasi perang dunia


sumber refrensi

https://web.facebook.com/groups/Ensiklopediabebas2/permalink/805233213501359

OverSimplified, 2018. WW2 - OverSimplified (Part 1). Diakses dari https:,//www,youtube,com/watch?v=_uk_6vfqwTA&t=0s diakses pada 20 Maret 2021

 Wikipedia, 2021. Perang Dunia II. Diakses dari https:,//id,wikipedia,org/wiki/Perang_Dunia_II diakses pada 20 Maret 2021

 Holocaust, Ensiklopedia, 2019. INVASI ATAS POLANDIA, MUSIM GUGUR 1939. Diakses dari https:,//encyclopedia,ushmm,org/content/id/article/invasion-of-poland-fall-1939 diakses pada 20 Maret 2021

 Wikipedia, 2019. Persetujuan München. Diakses dari https:,//id,wikipedia,org/wiki/Persetujuan_M%C3%BCnchen#:~:text=Perjanjian%20ini%20dihadiri%20oleh%20Adolf,bisa%20digabungkan%20dengan%20Jerman%20Raya diakses pada 20 Maret 2021

 Wikipedia, 2021. German occupation of Czechoslovakia. Diakses dari https:,//en,m,wikipedia,org/wiki/German_occupation_of_Czechoslovakia diakses pada 20 Maret 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages